Lazada Indonesia
Home » , , , » Blogger dan Konten Blog Berkembang Pesat

Blogger dan Konten Blog Berkembang Pesat

Perkembangan weblog, atau lebih dikenal dengan blog, mengalami perkembangan cukup pesat. Dari sisi jumlah blogger, diperkirakan jutaan orang Indonesia berkecimpung di dunia blogging. Penelusuran LiputanOne melalui penyedia blog gratis, www.blogger.com, jumlah blogger Indonesia tercatat mencapai 600 ribu orang. Jumlah ini belum ditambah dengan jumlah blogger yang mendaftar di weblog gratis lainnya maupun blog buatan sendiri.

Konten blog pun mengalami pergeseran. Jika awalnya blog digunakan sebagai tempat curhat atau diari online pemiliknya, kini beragam informasi bisa didapatkan dari blog. Setiap blogger memiliki tujuannya masing-masing saat mengeksplorasi blog. Ada yang mengisi dengan informasi kesehatan, pendidikan, hiburan, bahkan berita.

“Menariknya blog adalah kita bisa membuat web dengan jalan yang mudah. Jika mau jualan lewat blog pun bisa. Sekalipun ada sebagian orang yang menyalahgunakan untuk tujuan negatif, tetapi tidak signifikan dibanding berbagai manfaat yang bisa diperoleh,” ujar Ridwan Sanjaya, blogger sekaligus dekan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang. “Sekarang ini sudah memungkinkan untuk memadukan antara file presentasi, video, bahkan suara ke dalam sebuah tulisan blog,” tambahnya.

Blog pun kini dioptimalkan sebagai tempat mencari pendapatan tambahan. Contoh riil ialah keberadaaan adsense. Program klik iklan yang dimotori Google ini mendapat sambutan antusias dari blogger. Tidak sedikit yang merasakan manisnya dollar Amerika saat orang lain melakukan klik terhadap iklan Google Adsense yang dipasang seorang blogger di blognya.

“Banyak kita temui seminar tentang adsense yang menjanjikan bisa kaya dengan waktu cepat. Itu semua non sense. Sebenarnya realita yang ada tidak semudah yang dibayangkan," ujar Ridwan. “Mengerjakan adsense ini seperti layaknya orang bekerja. Bukan hanya perlu duduk satu atau dua jam lantas akan dapat duit banyak. Tapi juga perlu proses untuk menjadi sukses,” lanjut lelaki 32 tahun itu.

Blog memiliki fleksibilitas yang tinggi dibanding membuat website resmi yang memerlukan banyak perencanaan. Orang awam sekalipun bisa memiliki blog dan mengisinya dengan berbagai hal yang muncul di pikirannya. Semua itu bisa didapat dengan gratis.

“(Bedanya dengan website resmi), sebelum web resmi dilaunching, dia harus memikirkan siapa yang membuat. Kemudian berapa jumlah orangnya, servernya mana, dan berapa harganya. Jadi sebelum website ada, perlu adanya dukungan dana awal saat memulai bisnis secara online,” kata Ridwan.

Comments
7 Comments

7 orang bicara:

Anonymous said...

infomasinya jad bermacam-macam

FATAMORGANA said...

ooo gitu toh. sebenarnya aku juga curiga, mana ada sih cari duit semudah itu. cuma dari blog aja.

makanya, aku gak percaya kalo diajak bisnis online.

Anonymous said...

wah..sekarang serba blog...mkn nnt bakul nasi pecel ikutan buat blog...hahahahah.....kemajuan jaman kali ya

Asep Nurdin said...

jaringan blog sekarang luas,, Informasi pun semakin mudah ditemukan ;)

masiqbal said...

betul sekali, sekarang semuanya dapat diperoleh lewat internet... kebetulan lagi nyoba adsense juga..

Anonymous said...

Nah karena Solo kebanjiran Jumat 30/01 dan 31/01 dinihari sampai Sabtu ini apa ada liputan siji (one) yang terjun ke lapangan? Saya sangat mengharapkan beritanya ya? maklum aku wong Solo je?

Anonymous said...

iya,,,blog sekarang jadi sesuatu yang tak bisa dipandang sebelah mata..dan kadang saya sangat bingung juga..banyak artis yang latah bikin blog....(menurut hemat saya, bisa jadi mereka hanya ingin menaikan rating...) atau dengan kata lain promosi intelek lewat komputer....
maju terus blogger..yang tetap memegang teguh ideologi...