Home » , » 7 Jenis Kanker yang Bisa Dicegah dengan Minum Kopi

7 Jenis Kanker yang Bisa Dicegah dengan Minum Kopi





Minum kopi bisa menjadi jalan menuju sehat jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan tubuh mampu menyerap manfaatnya dengan baik. Banyak studi yang menemukan kaitan antara kopi dengan kemampuannya untuk menekan laju pertumbuhan sel kanker dan tumor. 

Dikutip dari laman DailyMeal, berikut beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dengan mengonsumsi kopi:
  1. Kanker kulit. Studi di rumah sakit Boston menemukan, orang yang rutin minum kopi lebih rendah untuk memiliki sel basal karsinoma. Efek ini terdapat pada kopi yang berkafein.
  2. Kanker payudara. Studi dari Universitas Keio di Tokyo menyatakan kopi mampu menginduksi protein pada  baris sel kanker payudara. Ini mencegah seseorang terkena kanker tersebut. Studi di Swedia juga mengatakan, minum kopi menurunkan risiko kanker payudara.
  3. Kanker usus besar. Menurut hasil studi dari Universitas Minnesota menemukan bahwa kopi punya asam caffeic yang menekan sel kanker di usus besar agar tidak menyebar.
  4. Kanker prostat. Studi dari Harvard Public School of Health mendapati pria yang mengonsumsi enam cangkir kopi atau lebih per hari memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami kanker prostat. Kemungkinan pencegahan terjadi karena peran dari asam fenolat dan aktivitas antioksidan pada kopi.
  5. Kanker endometrium. Minum minimal satu cangkir kopi per hari secara signifikan mengurangi risiko kanker endometrium. Demikian hasil studi dari Harvard Public School of Health.
  6. Kanker liver. Dengan minum tiga cangkir atau lebih dari kopi dapat mencegah kejadian karsinoma hepatoseluler. Ini adalah hasil dari penelitian di Universitas Minnesota.
  7. Kanker mulut. Studi di Inggris menemukan bahwa kopi mengurangi risiko kanker di rongga mulut dan faring dengan mengonsumsinya empat cangir per hari.

Comments
0 Comments

0 orang bicara: