Home » , » Ditemukan Cincin Bertulisan "Untuk Allah", Bukti Bangsa Viking Kenal Peradaban Islam

Ditemukan Cincin Bertulisan "Untuk Allah", Bukti Bangsa Viking Kenal Peradaban Islam





Peneliti dari Universitas Stockholm menemukan sebuah cincin bertulisan “untuk Allah” yang dipakai oleh jasad seorang wanita yang diduga hidup di zaman bangsa Viking. Usia cincin diperkirakan berasal dari masa lebih dari 100 tahun yang lalu. Peneliti mendapatkannya dari sebuah makan di pusat perdagangan Viking Age of Birka, Swedia.

Mengutip dari Laman Republika (17/3/2015), cincin tersebut seperti cincin batu akik. Di tengahnya ada sebuah batu yang setelah diteliti dengan mikroskop elektron diketahui berbahan kaca. Awalnya peneliti menduga batu itu berjenis ametis. Menariknya, di tengah batu ada tulisan “untuk Allah” yang terarsir halus dalam ujud huruf arab.

Adanya temuan ini membuktikan bahwa dulu pernah ada hubungan dagang antara bangsa Viking dengan dunia Islam yang cukup berkembang peradabannya kala itu.Ini juga menjadi penguat dari teks-teks kuno yang menerangkan bahwa telah terjadi hubungan antara anggota peradaban Islam dengan warga Skandinavia pada 1.000 tahun lalu. Hanya saja, sebelumnya belum ditemukan bukti arkeologi.

Skandinavia dikenal kerap berdagang benda-benda kaca mawah yang berasal dari Mesir dan Mesopotamia dari 3.400 tahun lalu. Terkait dengan hubungan peradaban Islam dengan bangsa Viking, mereka diduga telah menjalin perdagangan dengan melakukan perjalanan sendiri untuk bisa memperoleh benda mewah tersebut. Wanita Viking diperkirakan memakai barang-barang mewah dari Arab sebagai perhiasan.

Temuan cincin “untuk Allah” ini menjadi bukti arkeologi tentang hubungan bangsa Viking Skandinavia dengan umat Islam. Dalam laporan jurnal disenutkan, saat ini cincin tersebut menjadi bukti pertama kali kaitan dunia Islam dan bang Viking pada situs arkeologi Skandinavia.

Comments
0 Comments

0 orang bicara: