Home » , » Gerhana Matahari Total Kembali Hadir 20 Maret 2015

Gerhana Matahari Total Kembali Hadir 20 Maret 2015



Gerhana matahari total akan menyambangi bumi pada 20 Maret 2015 dan menggelapkan beberapa wilayah selama beberapa menit. Wilayah yang mengalami kegelapan total adalah beberapa tempat di negara Inggris. Di kepulauan Faroe misalnya, gerhana matahari total diperkirakan berlangsung selama 132 detik.

Beberapa wilayah lain mengalami gerhana matahari namun tidak total. Di Skotlandia mengalami gerhana dengan kondisi 95 persen. Sementara itu, kondisi gerhana matahari di London Timur dan Selatan sekitar 85 persen. Kejadian gerhana matahari total pada Maret ini kabarnya terbesar sejak 16 tahun terakhir.

Dikutip dari laman Okezone, masyarakat diperbolehkan melihat secara langsung saat proses gerhana berlangsung. Syaratnya, mereka wajib memakai kacamata khusus agar sinar matahari yang keluar dari gerhana tidak sampai membakar retina dan membuat buta. Sangat tidak disarankan melihat proses gerhana dengan mata telanjang.

Pada kacamata khusus untuk gerhana matahari telah dilengkapi filter dari bahan sejenis alumunium atau kromium. Bahan ini dapat mengurangi efek buruk radiasi infra merah dari sinar matahari.

Comments
0 Comments

0 orang bicara: