Home » , , » Ini Keistimewaan dan Ciri-Ciri Batu Red Borneo Berkualitas Tinggi

Ini Keistimewaan dan Ciri-Ciri Batu Red Borneo Berkualitas Tinggi



Liputan1.blogspot.com - Batu akik Red Borneo termasuk salah satu batu mulia populer dan banyak diburu saat ini.  Harganya bisa melambung  hingga puluhan juta rupiah. Red Borneo banyak ditemukan di Mandi Angin, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Dari sanalah kemudian booming Red Borneo menyebar ke seluruh Tanah Air hingga mancanegara.

Batu Red Borneo memiliki warna yang beragam seperti merah, pink, merah jambu, hijau, kuning, dan biru. Hanya saja warna yang difavoritkan adalah merah muda dan merah tua. Dari sinilah kemudian muncul nama Red Borneo yang kemudian digeneralisasi menjadi sebuah jenis batu.

Batu mulia ini kerap disebut sebagai ruby khas Indonesia. Sebutan lainnya adala Ruby Kalimantan atau Natural Rhodonite. Tahukah Anda? Warna merah khas pada Red Borneo muncul akibat inklusi dendritik hitam, oksida mangan, magnesium, kalsium silikat. Mineral ini termasuk dalam golongan pyroxenoid. Hanya saja kadang kandungan mangan terganti dengan besi, magnesium, atau kalsium.  Selain itu ditemukan butamite (kalsium oksida) sebesar 20 persen.

Baca juga: Cara Merawat Batu Red Borneo agar Tetap Cantik Bernilai Tinggi

Hal lain yang membuat harga Red Borneo amat mahal adalah kelangkaannya. Tingkat kekerasan batu tersebut mencapai 5,5 sampai 6,5 skala Mohs. Kepadatannya menyentuh angka 3,40 hngga 3,74. Indeks biasnya diketahui berada di kisaran 1.716 sampai 1.752. Red Borneo asli memiliki kemampuan ditembus oleh cahaya.

Red Borneo juga memiliki tekstur unik. Pada jeis yang tua rata-rata punya tekstur hitam, atau muncul juga warna krem muda di permukaannya. Dan, dalam bongkahan batu yang belum dibentuk, banyak corak di sana. Namun yang sering dijadikan batu akik adalah warna merahnya. Bahkan, setiap bongkahan akan dinilai berbeda berdasarkan warna merah yang terdapat pada batu.

Baca juga: Cara Mengetahui Ciri-Ciri Batu Lumut Aceh Asli Harga Mahal

Batu Red Borneo memiliki ciri tertentu. Anda bisa menggunakan beberapa ciri ini untuk memeriksa keasliannya. Berikut cirri-ciri batu Red Borneo asli:
  1. Periksa tingkat kekerasan Red Borneo yang hendak dibeli dan sesuaikan dengan standar yang berlaku yaitu antara 5,5 sampai 6,5 skala Mohs. Perhatikan pula terkait 4C yakni carat, cutting, clarity, dan colour.
  2. Kualitas yang terbaik ditemukan pada batu yang warnanya merah cerah seperti merahnya minuman Fanta dan tanpa bercak hitam apapun.
  3. Pastikan memiliki warna yang tidak kusam, terlihat hidup, dan enak dipandang.
  4. Batu Red Borneo tidak punya kandungan kapur. Kalau pun ada jumlahnya sangat sedikit.
  5. Ciri selanjutnya adalah tidak ada retakan, mulus, mengkilap, dan seratnya pun terlihat halus.
  6. Sekalipun disenter dengan cahaya yang lemah, batu Red Borneo asli tetap akan tembus cahaya.
  7. Harga batu Red Borneo termurah sekitar 100 ribu per cincin untuk kualitas paling rendah.  Jika kualitas terbaik harga mencapai Rp 75 juta untuk super Red Borneo.


Comments
0 Comments

0 orang bicara: