Home » , » Cara Makan Banyak Tapi Tidak Bikin Gemuk

Cara Makan Banyak Tapi Tidak Bikin Gemuk



Kebiasaan makan banyak tapi tidak membuat gemuk bisa dilakukan semua orang. Ada beberapa trik yang bisa diterapkan agar kalori dan lemak tetap terkontrol, sehingga tidak sampai menimbulkan masalah pada berat badan. Bahkan, dengan cara ini Anda tetap bisa makan hingga kenyang dengan makanan bergizi tanpa perlu risau dengan aturan diet ketat yang seringkali mengesalkan.

Dikutip dari laman Tempo, inilah cara makan banyak tapi tetap bisa mengontrol berat badan:
  1. Lebih banyak mengonsumsi makanan berserat. Makanan seperti sayuran dan buah adalah sumber serat alami yang menyehatkan tubuh. Serat mampu menyerap kelebihan lemak dan membuangnya keluar tubuh. Bahkan, serat bisa menurunkan kolesterol LDL yang membahayakan. Satu lagi, mengonsumsi makanan berserat menimbulkan rasa kenyang lebih lama. 
  2. Atur porsi makan. Mungkin Anda masih sulit lepas dari makanan bersifat pati yang mengenyangkan seperti nasi atau roti. Boleh saja mengonsumsinya, namun batasi porsinya. Lengkapi rasa kenyang dengan lebih banyak mengonsumsi makanan berserat. Sebagai langkah awal, porsi makan utama dapat dikurangi separuhnya.
  3. Siapkan camilan sehat. Di antara dua waktu makan, ada baiknya menyiapkan kudapan atau camilan. Dengan begitu, Anda tidak mengambil porsi berlebihan saat datangnya waktu makan. Camilan sehat seperti yoghurt, kacang, atau buah-buahan dapat dipilih sebagai pengganjal perut kosong.
  4. Usahakan makan di meja makan dan hindari sambil melihat televisi. Makan tanpa gangguan tayangan televisi lebih baik efeknya bagi diri Anda. Konsentrasi makan di meja lebih terjaga sehingga Anda dapat mengontrol porsi yang diambil. Lain halnya jika sambil melihat televisi yang seringkali memicu makan lebih banyak tanpa kontrol.
  5. Menyukupi cairan tubuh dengan minum. Minum secara cukup mencegah Anda makan lebih banyak. Salah satu caranya, minum dua gelas air putih setengah jam sebelum makan. Dengan begitu, perut agak terasa kenyang dan porsi makan yang diambil lebih sedikit.
  6. Tidur malam pada waktunya. Menurut studi, orang yang kerap begadang justru memicu nafsu makan lebih tinggi dan punya kecenderungan mengambil jenis makanan kaya karbohidrat. Sebaliknya, cukup tidur akan membantu mengontrol nafsu makan.

Comments
0 Comments

0 orang bicara: