Home » , » Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa Pasang AC

Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa Pasang AC



Cara membuat rumah sejuk bisa dilakukan dengan menerapkan konsep sirkulasi udara yang baik. Tanpa dipasang pendingin udara (AC) sekalipun, hawa ruangan tidak panas. Namun saat sirkulasi udara tidak lancar, rasanya sangat tidak nyaman berada di dalam ruangan. Hawa panas cukup menyiksa.

Beberapa hal yang dapat menggaggu kelancaran pertukaran udara adalah jendela yang terlalu sedikit, lubang angin yang tidak seimbang besarannya dengan ruangan, hingga plafon terlalu rendah. Dalam kondisi demikian, mungkin AC diperlukan. Namun jika ingin ruangan tetap sejuk tanpa AC, lakukan cara alami berikut ini seperti dikutip dari laman National Geographic:
  1. Terapkan rongga di bawah atap yang berguna untuk mengusir panas berlebih. Pembuatan rongga ini tepat dilakukan untuk rumah dengan bentuk atap datar  menempel di tembok milik tetangga, atau atap sandar minus plafon.
  2. Membuat lubang pada gunungan. Dengan membuat atap di gunungan berbentuk pelana, dapat menghilangkan panas dan pengap. Lubang bisa pula berbentuk segitiga maupun kotak, atau menyesuaikan desain bangunan. Lihat pula kondisi iklim di tempat Anda. Jika ada di dataran rendah yang panas, jumlah lubang angin dibuat lebih banyak. Namun kalau di pegunungan sebaiknya lebih sedikit.
  3. Terapkan plafon tinggi. Plafon dengan tinggi tiga meter atau lebih akan membuat ruangan lebih sejuk. Aliran udara lebih lancar dan ruang juga tampak lebih besar. Untuk menambah kesan besar dan terang,  dapat dimainkan dengan pemilihan warna cat tembok yang terang.
Foto: National Geographic Indonesia

Comments
1 Comments

1 orang bicara:

kenalan Batu Akik said...

Agan Ac Punya Ane aja kadang Di setting suhu paling rendah aja kadang tetep aja masih trasa panas,,