Home » , » Cara Membersihkan Telinga yang Benar dan Aman

Cara Membersihkan Telinga yang Benar dan Aman


 
Cara membersihkan telinga tidak boleh sembarangan. Pasalnya, liang telinga manusia cukup pendek dan di pangkalnya terdapat gendang telinga yang sangat tipis. Gendang ini berupa selaput putih yang gunanya untuk menerima rangsangan suara awal sehingga nantinya sebuah suara dapat terdengar. Kalau dalam membersihkan telinga tidak hati-hati, maka dapat merobek telinga dan mengakibatkan masalah pendengaran.

Selain itu, serumen atau kotoran telinga sebenarnya sangat penting manfaatnya. Dari serumen ini akan terjaring berbagai benda asing  termasuk kuman, sehingga tidak sampai mengakibatkan gangguan kesehatan terutama di telinga. Kotoran kuning  ini ibarat alat saring alami. Jika terlalu sering dibersihkan maka kemampuan telinga untuk menyaring benda asing menurun dan telinga terangsang untuk memroduksi minyak secara berlebihan.

Namun kalau kebanyakan jumlahnya, serumen perlu dibersihkan. Saat terlalu penuh, serumen dapat menimbulkan ketidak nyaman di telinga. Berikut cara membersihkan telingan yang benar dan aman untuk dilakukan:

  1. Siapkan cotton bath dan baby oil untuk alat pembersih. Baby oil berguna agar serumen lebih lunak sehingga mudah diambil.
  2. Beri beberapa tetes baby oil pada salah satu sisi cotton bath, lalu bersihkan telinga sebelah luar. Hindari mengorek sampai ke liang telinga karena kotoran justru makin terdorong ke dalam.
  3. Kalau kotoran mengeras, mengambilnya dengan alat pembersih telinga yang punya ujung seperti kail. Ini mencegah kotoran makin masuk ke dalam.
  4. Selain itu, bersihkan pula daun telinga sampai bersih.
  5. Jika kotoran tampak mengumpul lebih dalam hingga mendekati gendang telinga, ada baiknya yang menangani adalah dokter spesialis THT. Biasanya dokter mengambilnya dengan alat sedot khusus atau diresepkan obat tetes pemecah  seruman – seperti karbol gliserin 10% --  sehingga mudah dikeluarkan.

Comments
0 Comments

0 orang bicara: