Lazada Indonesia
Home » , , » Cara Sopan Menegur Orang Kentut Sembarangan

Cara Sopan Menegur Orang Kentut Sembarangan




Liputan1.blogspot.com -Kentut itu perlu dilakukan karena menahannya juga malah akan membuat perut sakit. Bahkan, kentut pun sangat ditunggu pada beberapa jenis tindakan operasi untuk memastikan di saluran pencernaan telah kosong. Namun bukan berarti kentut juga bisa sembarangan dikeluarkan . Aromanya seringkali tidak sedap walau dalam beberapa kasus tidak menimbulkan bau. Hal itu tergantung dari makanan yang dikonsumsi.

Orang yang mendapatkan bau kentut seringkali tidak tahan dan menyingkir. Bagi orang yang empatinya tinggi mungkin akan diam sembari membiarkan bau tersebut menguap. Namun tetap saja kentut di sembarang tempat tidak disarankan. Permasalahan kentut bahkan meibatkan dua kepentingan, yakni urusan kesehatan dan perilaku. 


"Rasa kesal bisa diproyeksikan kepada orang lain atau terhadap benda lain. Ini akan memengaruhi kestabilan emosi orang tersebut," kata dr Azimatul Karimah, SpKJ dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, sepeti dikutip laman Deik Health.


Untuk itu, jika seseorang menjadikan aktivitas kentut sembarangannya sebagai kebiasaan, memang perlu diingatkan. Setidaknya orang tersebut nantinya merasa malu dan pilih-pilih situasi jika ingin mengeluarkan “gas beracun” tersebut.  Dokter Uci, sapaan dr Azimatul Karimah, menyarankan dua tahapan cara dalam menegur yaitu:


  1. Sampaikan apa adanya terkait kebiasaan kentut seseorang itu secara bertahap. Artinya, dalam mengingatkan, sampaikan saja apa adanya yang dirasakan oleh korban bau kentut kepada yang mengeluarkannya. Namun tidak perlu terlalu lebay dengan menambahkan ucapan-ucapan berlebihan  Pilih kata-kata tepat dengan ucapan ringan. Jika gagal, ucapan lebih tegas barangkali diperlukan. “Misalnya 'kamu sepertinya sering sakit perut ya? ada masalah pencernaan?', nah hal ini berguna untuk mengetahui apakah orang tersebut siap mendapat informasi dari kita," kata dr Uci. Pada orang yang siap menerima nasihat, dia akan menanggapi keluhan soal kentutnya itu. Namun jika dia belum siap, yang muncul adalah penyangkalan atau bantahan.
  2. Saat menegur usahakan untuk menyampaikannya langsung empat mata atau lewat pihak ketiga yang dapat dipercaya. Meski kentut sembarangan adalah salah menurut adat perilaku, namun privasi orang yang sedang diingatkan terkait perilaku buruknya juga mesti dijaga. Jangan menegur orang kentut di depan umum yang dapat membuatnya malu. Pasalnya, pada kasus masalah kesehatan tertentu, seseorang mesti membuang kentutnya sesegera mungkin agar tidak membuat dirinya tambah sakit.

Comments
0 Comments

0 orang bicara: