Home » , , , , » High End Butuh Dana 2M

High End Butuh Dana 2M

Hitung-hitungan bisnis tempat futsal memang tidak murah. Perlu dana minimal 1M untuk membuat sarana dan prasarana yang terbilang kelas medium. Seperti yang diungkapkan Steven Indrawan, B. Eng, dirinya menghabiskan hampir 2M untuk membuka usahanya. Tidak tanggung, dia memilih kelas high end dalam mendirikan Coppa Futsal miliknya.

“Di Coppa kami memiliki tiga lapangan yang masing-masing menggunakan rumput sintesis dari Italia. Masing-masing lapangan menggunakan lampu halogen berkekuatan 1500 hingga 2000 watt,” ujarnya. “Pemakaian lampu ini yang merupakan salah satu poin biaya besar dalam operasional kami,” imbuhnya

Dana 2 M tersebut masih berupa bangunan dan peralatan pendukung di dalamnya. Untuk tanah, Steven memakai milik keluarga yang tidak dipakai. Lokasi Coppa Futsal berada di jalan Slamet Riyadi 153 Solo yang masih terhitung jantung kota.

“Satu meter persegi tanah di sini, harga pasarnya sudah 15 juta,” ungkap Steven.

Nilai impas atau Break Even Poin (BEP) bisnis ini sebenarnya tidak terlalu lama. Bila animo masyarakat di sekitar tempat usaha cukup tinggi, BEP bisa diraih dalam kurun tiga tahun.

“Pasar di Solo tidak seramai di Jakarta. Di Jakarta, dengar-dengar, bisa BEP paling lama dua tahun,” kata Steven. “Coppa sendiri sepertinya BEP-nya agak mundur dari yang saya perkirakan dalam kurun tiga tahun,” tambahnya.



Comments
2 Comments

2 orang bicara:

Joulecar said...

panggonane tepate ngendi kui mas??
perjam e piro??

LiputanOne said...

@joulecar
dari perempatan jalan slamet riyadi dekat night market ngarsopuro, ke timur dikit. sebelah kanan ada tulisan coppa futsal. per jam beragam. paling mahal 150 ribu per jam