Home » , , , , » Mendiang Olga Syahputra Kena Radang Selaput Otak, Ini Cara Mencegah Meningitis

Mendiang Olga Syahputra Kena Radang Selaput Otak, Ini Cara Mencegah Meningitis


Liputan1.blogspot.com - Cara mencegah penyakit meningitis sebenarnya sederhana, namun memerlukan ketelatenan. Mendiang artis Olga Syahputra sebelumnya didiagnosis mengidap penyakit ini, selain kanker kelenjar getah bening (limfoma). Saat meningitis menyerang, terjadi peradangan di bagian meninges. Ini adalah selaput yang melindungi saraf pusat di otak dan sumsum tulang belakang.

Meningitis dipicu oleh virus maupun bakteri. Kalau penyebabnya virus kebanyakan dapat sembuh dengan bantuan kekebalan tubuh dalam tempo kurang lebih 7-10 hari. Sifatnya terbilang ringan dengan penanganan tepat. Hanya saja meningitis menjadi sangat berbahaya saat dipicu oleh infeksi bakteri. Kerapkali meningitis bacterial ini menunjukkan gejala serius yang berisiko kematian.

Pada anak, meningitis bacterial dapat menimbulkan kecacatan permanen sekalipun dinyatakan sembuh. Contohnya berukurang kemampuan mendengar, epilepsi, gangguan fungsi saraf, idiot, hingga kelumpuhan. Umumnya bakteri yang menyerang meninges berjenis Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae tipe b, dan Neisseria meningitides. Streptococcus pneumonia adalah bakteri yang sering mengakibatkan meningitis parah pada bayi dan batita dengan masa inkubasi hanya 24 jam.

Dikutip dari laman Doktersehat, langkah kewasapadaan perlu dilakukan untuk mencegah serangan meningitis. Inilah saran agar penyakit meningitis tidak menyerang:
  1. Imunisasi. Pemberian vaksin pada anak-anak adalah metode pencegahan agar tubuh mereka lebih kebal terhadap serang virus atau bakteri yang menyerang. Anak-anak sebaiknya mendapatkan vaksinasi seperti cacar air, polio, rubella, gondok, campak, hingga rabies. Pencegahan penyakit karena vaksinasi tidak terbatas pada pencegahan meningitis semata.
  2. Jauhi gigitan nyamuk.Virus dapat terbawa di dalam tubuh nyamuk sebagai inang. Sewaktu menggigit tubuh, virus dapat masuk ke dalam tubuh. Hindari pergi ke kebun jelang sore hari dan selalu bersihkan sarang nyamuk.
  3. Biasakan mencuci tangan. Tangan adalah media yang paling sering sebagai jalan penularan penyakit. Kadang seseorang tidak sadar tangannya telah menyentu suatu benda yang penuh dengan kuman. Jika lupa mencuci tangan, kuman masuh ke tubuh dengan melalui makanan yang dikonsumsi atau terhirup. Mencuci tangan dengan sabun bisa mencegah meningitis, batuk, pilek, dan beragam penyakit infeksi lainnya. Jika ada cairan pencuci tangan antikuman dapat pula diterapkan.
  4. Menerapkan cairan pembunuh kuman. Berada di dekat pasien meningitis memiliki risiko lebih besar untuk tertular. Oleh sebab itu, perlu untuk membersihkan baju dan merendamnya di dalam air hangat saat melakukan kontak dengan pasien. Jangan lupa pula untuk memberikan campuran desinfektan untuk mematikan virus atau bakteri yang mungkin menempel.
  5. Selalu usahakan memiliki kekebalan tubuh yang baik. Manusia diberikan anugrah oleh Tuhan berupa tubuh yang mampu melawan apapun (self healing) yang memberikan keburukan bagi kesehatan. Semakin baik pertahanan tubuh, maka baik virus, bakteri, hingga jamur sekalipun dapat dihempaskan. Untuk mendukung imunitas yang stabil, usahakan tubuh berada dalam kondisi cenderung basa. Misalnya, selalu rutin mengonsumsi buah-buahan dan sayuran lebhih banyak porsinya ketimbang porsi proteim hewani. Tubuh yang cenderung bersifat basa dapat mendukung proses sistem tubuh berjalan sempurna termasuk melakukan self healing. Meningitis, batuk, flu, dan beragam infeksi lain dapat dicegah

Comments
0 Comments

0 orang bicara: