Home » , , » Ini Ayam Cemani Si Unggas Lamborghini, Harga di Eropa Rp 30 Jutaan Per Ekor

Ini Ayam Cemani Si Unggas Lamborghini, Harga di Eropa Rp 30 Jutaan Per Ekor



Liputan1.blogspot.com - Ayam Cemani yang khas dari Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Warna tubuh ayam ini hitam legam bahkan hingga sampai ke dalam dagingnya. Ini berbeda dengan warna ayam lain yang banyak didominasi perpaduan warna seperti putih-merah, coklat hitam, dan sebagainya. Nama ayam Cemani juga telah mendunia dengan harga jual yang tidak murah. 

Saking eksklusifnya ayam Cemani, seringkali disebut juga Unggas Lamborghini. Perhatikan saja mulai dari kulit, paruh, bulu, lidah, kaki, kuku jari kaki, tulang, sampai organ di dalam tubuh hitam atau setidaknya gelap. Darahnya pun tampak lebih gelap.

 
Dikutip dari laman Amusing Planet, Penyebab hitamnya tubuh ayam Cemani disebabkan oleh sifat genetik yang disebut fibromelanosis.  Gen ini mendukung terbentuknya proliferasi sel pigmen hitam. Mutasi gen ini bahkan telah terjadi sejak lebh dari 800 tahun lalu. Varian dari ayam hitam yang memiliki fibromelanosis ini selain Cemani adalah Swedish Black Hen atau Svart Hona

Ayam Cemani banyak dikembangkan di wilayah Pulau Jawa di Indonesia. Ayam ini juga dibawa ke Eropa pada tahun 1998 oleh peternak Belanda dan dikembangkan di sana. Harga ayam ini sangat fantastis di Eropa. Satu ekor ayam Cemani dewasa bisa dihargai 2.500 dolar AS atau sekira lebih dari Rp 30 juta.

 
Namun di Indonesia, ayam Cemani sering dikaitkan dengan ritual mistik. Banyak yang percaya ayam Cemani berbeda dari ayam biasa dalam hal mendatangkan kekuatan supranatural. Sebagian orang menjadikannya sebagai ayam sesaji untuk makhluk halus. Ini kepercayaan tidak logis yang berkembang dari populernya ayam Cemani.

Perlu diketahui, daging ayam Cemani sangat tinggi kandungan zat besinya. Selain itu, hanya telur ayam Cemani saja yang warnanya tidak hitam sekalipun nantinya akan muncul anak ayam yang hitam legam.

Comments
0 Comments

0 orang bicara: