Home » , , , » Cara Membersihkan Buah dan Sayuran agar Bebas Pestisida, Zat Lilin, Maupun Bakteri

Cara Membersihkan Buah dan Sayuran agar Bebas Pestisida, Zat Lilin, Maupun Bakteri


Liputan1.blogspot.com - Cara membersihkan buah dan sayuran ada beberapa macam yang dapat diterapkan. Inti dari aktivitas ini adalah meniadakan segala bentuk kotoran yang disinyalir bisa menganggu kesehatan tubuh. Misalnya saja bakteri dan pestisida yang menempel pada bagian luar buah atau pun sayuran. Pada berbagai jenis buah impor, seringkali zat lilin ditambahkan agar buah-buahan tersebut tidak cepat busuk.

Agar semua kotoran bisa lenyap, Anda mesti membersihkan sungguh-sungguh. Masalahnya, saat kotoran berbentuk bahan kimiawi seperti pestisida mungkin efek pada tubuh baru terasa di masa mendatang setelah terakumulasi zatnya.

Berikut beberapa cara mencuci buah dan sayuran yang disarankan seperti dikutip Okezone dari Wikihow:

  • Rendam dalam air. Caranya masukkan buah atau sayuran ke dalam air sampai semuanya terendam. Gosok semua permukaannya dan jangan ada yag terlewat. Kalau perlu, pakai sikat kecil untuk melepaskan kotoran.
  • Bilas di bawah air yang mengalir. Langkah mencuci lainnya yaitu mengucurkan air pada buah dan sayuran sembari dibilas bersih. Memadukan teknik perendaman dengan pembilasan ini bisa saling melengkapi agar buah atau sayuran lebih bersih.
  • Membersihkan dengan air hangat. Ini terutama diterapkan untuk melepaskan kotoran yang sekiranya sulit terlepas dari buah atau sayur. Pada buah impor, misalnya, merendam dan menggosok kulitnya memakai air hangat bisa melunturkan zat lilin yang mungkin ditambahkan.
  • Memakai air larutan garam. Membersihkan dengan larutan garam bisa sekaligus membunuh bakteri yang menempel pada buah san sayuran. Garam memiliki sifat antibiotic alami. Cukup rendam selama 5 menit dan lanjutkan dengan pembilasan di bawah air mengalir.
  • Mencuci dengan larutan cuka. Cuka yang telah dilarutkan pada air dapat membersihkan pestisida dari buah dan sayuran. Ambil setengah cangkir cuka yang dilarutkan pda dua cangkir air sebagai tempat merendam. Biarkan buah dan sayuran dari 5-15 menit lalu dibilas.
  • Memakai sabun khusus buah dan sayuran. Saat ini banyak tersedia sabun cuci khusus. Cara membersihkan buah dan sayuran menggunakan sabun ini lebih praktis.

Comments
0 Comments

0 orang bicara: