Lazada Indonesia
Home » , , , » Cara Menghemat Baterai Ponsel Android agar Aktif Lebih Lama

Cara Menghemat Baterai Ponsel Android agar Aktif Lebih Lama




Liputan1.blogspot.com - Cara menghemat baterai ponsel Android bisa diakali dari kebiasaan harian penggunanya. Terutama, smartphone atau ponsel pintar tidak lengkap tanpa akses data internet yang kontinyu. Mulai dari cek status sosial media, email, BBM, streaming, dan sebagainya cukup menguras baterai. Walhasil pemakaian ponsel setiap hari kadang memerlukan pengisian baterai lebih dari satu kali.

Oleh sebab itu, jika ingin menghemat baterai memang harus merelakan beberapa fiturnya dinonaktifkan sementara. Kadang perlu pula aplikasi tambahan untuk mengoptimalkan penggunaan baterai. Dikutip dari laman Okezone, berikut caramenghemat baterai ponsel pintar agar menyala lebih lama:
  1. Matikan pemberitahuan atau noifikasi yang kurang penting. Misalnya, beberapa aplikasi sosial media sepeti Facebook, Twitter, Instagram, atau Path disetting untuk dimatikan akses notifikasinya. Langkah ini lumayan dalam menurunkan pemakaian baterai. Aktifkan notifikasi yang sekiranya penting seperti untuk tujuan pekerjaan.
  2. Hentikan pula notifikasi game. Aplikasi game yang diinstal di ponsel pintar ada yang mengiriman notifikasi sekadar untuk memberitahukan adanya level  atau fitur terbaru. Ini juga perlu dmatikan agar baterai hemat.
  3. Bersihkan aplikasi latar belakang yang masih aktif saat aplikasi dimatikan (close). Seringkali ada aplikasi yang sebenarnya masih berjalan sekalipun aplikasi utama telah ditutup. Cara mengeceknya tinggal masuk ke task manager dengan menekan dan menahan tombol home  beberapa detik sampai muncul aplikasi yang berjalan di latar belakang. Matikan dengan menggeserkan aplikasi yang diinginkan. Memasang aplikasi pihak ketika seperti Advanced Task Killer membantu menutup aplikasi latar belakang dengan otomatis.
  4. Kurangi kecerahan layar. Layar ponsel yang disetting terlalu cerah dapat mengurangi tenaga baterai. Aktifkan fitur auto brightness atau kecilkan sekalian level kecerahan ponsel untuk menghemat.
  5. Matikan internet. Jika dalam kondisi baterai akan habis sementara Anda masih memerlukan ponsel untuk bertelepon atau sms, ada baiknya matikan akses internet. Penghematan baterai tanpa internet jauh lebih besar efek yang dirasakan. Atau, menjalankan internet di posisi jaringan GSM (2G atau 2,5G) jauh lebih hemat ketimbang menjalankannya di jaringan 3G atau UMTS.

Comments
1 Comments

1 orang bicara:

Unknown said...

wah keren nih bisa dipraktekin kebetulan hp saya itu cpt lowbat pasti gara2 internet nyala terus, terima kasih gan salam kenal ya.