Home » , , » Cara Membersihkan Kaca Mobil dari Bekas Tempelan Stiker

Cara Membersihkan Kaca Mobil dari Bekas Tempelan Stiker



Cara membersihkan kaca mobil dari bekas tempelan stiker seringkali tidak mudah. Apalagi jika bekas lemnya sangat kuat berisiko menimbulkan goresan pada kaca kalau tidak hati. Sebenanya membersihkan bekas stiker itu ada tekniknya sendiri berdasarkan jenis bahan stiker yang menempel sebelumnya.

Berikut beberapa teknik cara membersihkan kaca mobil dari stiker yang dikutip laman Solopos dari akun Twitter Toyota Indonesia @ToyotaID:

  1. Stiker kertas. Bahan stiker dari kertas cukup dibersihkan  dengan air sabun.  Basahi dulu semua lapisan stiker dengan air sabun, gosok pelan-pelan memakai kanebo atau kain basah, dan bersihkan sampai bekas tempelannya terkelupas seluruhnya. Pastikan tidak ada bekas tempelan yang tertinggal dengan cara menyentuh permukaannya.
  2. Stiker plastik. Pada stiker dengan bahan scotchlite atau plastik, bisa dibersihkan dengan memanaskan permukaan stiker memakai pengering rambut. Udara panas membuat tekstur perekat stiket melunak dan mengerut. Permukaan stiker akan tampang menggembung dan mudah dilepas memakai kuku. Lakukan dengan hati-hati agar tidak menggores.  Jika tidak ada alat pengering rambut, bisa memanfaatkan minyak kayu putih. Lumuri seluruh bagian stiker dengan minyak kayu putih, lalu tutup permukaan stiker meggunakan plastik yang direkatkan. Tujuannya agar uap dari minyak meresap pada lapisan stiker. Biasanya setelah ditutup selama 10 menit, stiker melunak dan gampang dilepas
Bila semua langkah sudah dilakukan dan kaca mobil bersih dari bekas stiker, waktu untuk mengkilapkan. Pakai cairan pembersih kaca yang diusapkan di kaca memakai kain mikro fiber yang seratkan sangat halus. Gerakannya adalah memutar satu arah. Dengan cara membersihkan kaca mobil seperti ini, Anda mendapatkan kaca berkilau bebas dari kotoran.

Comments
0 Comments

0 orang bicara: