Home » , , » 5 Cara Membersihkan Karang Gigi Mudah dan Sederhana

5 Cara Membersihkan Karang Gigi Mudah dan Sederhana


 
Cara membersihkan karang gigi atau plak dapat dilakukan dengan jalan sederhana. Asal cara tersebut dilakukan secara rutin, pembentukan plak yang makin mengumpul dapat dihindari. Jika plak ini terlalu lama hadir pada permukaan gigi maka bisa menjadi tempat singgah bakteri. Oleh sebab itu, sebelum bakteri pemicu kerusakan gigi ini merajalela, plak harus dibersihkan setiap hari.

Dikutip dari laman Merdeka, berikut ini cara membersihkan karang gigi sederhana yang dapat dilakukan oleh siapa pun:

  1. Lakukan gosok gigi secara teratur dengan cara yang benar. Dengan menyikat gigi secara benar dengan gerakan melingkar, plak yang menempel dapat terbuang. Hindari menyikat hanya sekadar gerakan kana-kiri. Selain itu, sikatlah gigi minimal dua kali yakni setelah makan dan sebelum tidur.
  2. Menerapkan benang gigi (dental floss). Menggunakan benang gigi memungkinkan sisa makanan yang terjebak di sela gigi dapat dibuang. Sisa makanan tidak lantas menimbulkan plak dan sifat asam yang merusak enamel gigi.
  3. Memakai pasta gigi antiplak. Saat ini beredar pasta gigi yang dilengkapi bahan aktif pengusir plak. Kandungannya selain ada fluoride juga terdapat tartar control.
  4. Menggunakan baking soda. Salah satu bahan pembuat kue ini dapat mengatasi karang gigi. Caranya, taruh beberapa sendok baking soda di sebuah wadah kecil, lalu tempelkan sikat gigi yang sudah dibasahi pada bahan tersebut. Gunakan untuk menggosok gigi.
  5. Mengonsumsi apel dan melon. Kedua buah ini memiliki serat dan nutrisi alami yang membuat air liur terproduksi lebih banyak. Air liur ini sebagai cara membersihkan karang gigi yang alami dari tubuh.

Comments
0 Comments

0 orang bicara: