Home » , , , » Begini Cara Membonceng Motor yang Benar dan Aman

Begini Cara Membonceng Motor yang Benar dan Aman



Naik motor adalah cara praktis penggunaan alat transportasi yang bisa menerjang kemacetan jalan raya. Bodi motor yang ramping memungkin manuver dilakukan pada area yang sempit. Termasuk,  naik motor berboncengan akan mengefisienkan waktu untuk sampai di tempat tujuan. Tapi, cara membonceng motor ada aturannya agar sisi keselamatan tetap terjaga.

Bagi pembonceng, sebaiknya perlu dihindari duduk dalam posisi menyamping. Biasanya hal ini dilakukan oleh wanita yang menggunakan bawahan berupa rok. Dengan duduk menyamping memang akan melindungi area intim wanita lebih terlindungi dari kain rok yang tersingkap. Namun dari aspek keselamatan cukup berisiko.

Risiko yang bisa muncul dari boncengan menyamping yaitu posisi duduk pembonceng tidak stabil terutama saat motor melakukan manuver membelok. Jika kemiringan saat membelok cukup tajam sudutnya, dimungkinkan dapat jatuh ke samping kiri maupun kanan tergantung arah belokan. Risiko lainnya yaitu pada pembonceng yang mengenakan bawahan berupa rok. Tidak sedikit kasus kain rok terselip pada rantai motor hingga mengakibatkan pembonceng dan motor pun jatuh.

Cara membonceng motor yang benar yaitu duduk dalam posisi tubuh menghadap ke depan seperti posisi pengendara motor. Kedua lutut pembonceng mengapit pinggul belakang pengendara. Dengan begitu posisi pembonceng stabil dan pengendara lebih nyaman dalam melakukan manuver. Selain itu, pastikan kedua kaki berada di pijakan untuk pembonceng. Terakhir, untuk menghindari reaksi kelembaman kala pengendara melakukan pengereman, kedua tangan pembonceng bisa memanfaatkan pinggul pengendara untuk berpegangan.

Comments
0 Comments

0 orang bicara: